Kamis, 02 April 2015

5 Applikasi Android Untuk Merancang Rangkaian Elektronika

Applikasi Android Ini Bisa Membantumu Merangkai Elektronika Dengan Mudah

Bagi yang baru mulai belajar elektronika, tentu kepingin dong mendapatkan pengetahuan dasar yang akurat tentang bagaimana merangkai sebuah perangkat komponen elektronika. Sebagaimana kita tau, komponen elektronika masing-masing memiliki keahlian tersindiri. Walaupun kecil tapi kemampuannya sangat besar. Jangan sampai ketika salah merakit, malah meledak atau menimbulkan efek rangkaian listrik yang tidak sesuai dengan apa yang kita rencanakan.


Dari rangkaian elektornika tersebut, kita bisa membuat berbagai macam benda-benda yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, sebut saja yang paling sederhana adalah alarm anti tikus, antistatic agent untuk melindungi diri kita dari kejutan arus listrik saat berada diplafon rumah dan yang paling canggih adalah robot.

Elektronika adalah otak yang mengatur kinerja robot secara umum. tanpa rangkaian elektronika, robot hanya akan menjadi sistem mekanik yang lumpuh dan tidak bernyawa. Rangkaian elektronika untuk robotika telah berkembang pesat dan memungkinkan diberikan sistem artificial intelligent didalamnya. Untuk mendesain rangkaian elektronika, kita bisa menggunakan aplikasi komputer baik free maupun shareware yang bisa didownload di internet. Dan, saat ini, aplikasi untuk mendesain rangkaian elektronika tidak terbatas pada komputer saja, akan tetapi para developer sudah banyak menciptakan aplikasi ini untuk mobile app.

Berikut 5 aplikasi untuk mendesain rangkaian elektronika pada platform android

EVERY CIRCUIT (Free and Pro)

Every circuit besutan Musemaze ini mempunyai interface yang sangat nyaman, pengguna hanya tinggal drag and drop untuk meletakkan komponen atau memindahkannya.


Dan cukup dengan touch point to point untuk menghubungkan antar komponen. Aplikasi ini juga dilengkapi simulasi yang dapat diubah parameternya walaupun ketika simulasi sedang berjalan sehingga desainer pun dapat langsung melihat efek nya secara realtime. Aplikasi ini dapat di unduh disini untuk versi gratis dan disini untuk versi pro nya dengan harga $9.99

iCIRCUIT($4.99)

Aplikasi ini dibuat oleh Krueger Systems Inc. tidak seperti every circuit, aplikasi ini tidak menyediakan versi gratisnya. akan tetapi $4.99 adalah harga yang pantas untuk mendapatkannya karena aplikasi ini juga mempunyai interface yang user friendly dan juga disertai simulasi yang menarik.

Dapatkan aplikasi ini disini

ELEKTRO ANALOG TOOLBOX ($4.04)

Elektro Analog Toolbox sendiri merupakan applikasi yang dikembangkan oleh beberapa mahasiswa dari Manchester University, dengan kelebihan beberapa toolbox untuk memecahkan permasalahan rangkaian secara cepat dan akurat sesuai dengan rangkaian yang ingin kita buat.


Download Applikasinya disini

CIRCUIT SIMULATOR (Free)


Aplikasi ini dibuat oleh Peter Lawford dan berisi komponen-komponen elektronika dasar. tidak terlalu lengkap sih, tapi Peter Lawford menyediakannya secara gratis. Unduh disini

ELECTRIC CIRCUIT CALCULATOR (Free)

Aplikasi buatan GK Apps ini bukan untuk mendesain rangkaian elektronika secara grafis, akan tetapi merupakan tool untuk menghitung rangkaian secara teori.


Saat ini tersedia untuk menghitung arus pada rangkaian paralel, voltage pada rangkaian seri, dan resistansi pada rangkaian seri dan paralel. Aplikasi ini bisa diunduh disini.

Nah demikianlah 5 Aplikasi android yang bisa digunakan untuk membuat rangkaian elektronik. Sebaiknya sebelum merangkai rangkaian mu, pastikan setiap komponen telah memiliki antistatic agent untuk menghindarkan diri dari tegangan arus listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar