Kamis, 10 Agustus 2017

9 Hal yang harus di perhatikan sebelum melakukan rental mobil, point ke 6 penting Anda perhatikan!

Ingin melakukan liburan dengan keluarga atau perjalanan bisnis di kota-kota besar, tapi tidak punya mobil pribadi? Mau naik kendaraan umum, repot sama polusi udara? Atau mau minjem kepada rekan, namun sungkan? Anda jangan khawatir, menyewa mobil bisa menjadi salah satu alternatif terbaik untuk Anda. Saat ini sudah sangat banyak sekali rental mobil yang tersebar, khususnya di kota besar seperti Jakarta. Anda juga bisa melakukan browsing melalui internet, hanya dengan memasukkan kata kunci pada mesin pencarian Google seperti sewa mobil Jakarta Pusat, maka akan muncul beberapa daftar perusahaan rental mobil yang ada di Jakarta Pusat. Namun, terkadang bukan masalah yang mudah dalam memilih rental mobil. Karena, semua perusahaan rental mobil menawarkan fasilitas yang hampir sama, harga yang murah, diskon dan sebagainya. Hal tersebut dilakukan untuk menarik perhatian para calon konsumen yang ingin menyewa mobil melalui rental mobil. Tetapi, Anda jangan langsung tergiur dengan promosi yang diberikan. Anda perlu memperhatikan beberapa hal saat melakukan rental mobil. Berikut adalah 10 hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan rental mobil.
  1. Mencari Informasi yang Jelas
    Pastikan Anda memilih tempat rental atau sewa mobil yang memiliki kontak jelas dan lengkap, supaya mudah untuk dihubungi. Anda bisa melakukan pencarian informasi tersebut dengan browsing melalui internet atau juga bisa meminta informasi dari rekan yang sudah terbiasa melakukan rental mobil mengenai rental mobil yang terpercaya.
  2. Mengunjungi lokasi rental mobil
    Anda sudah mendapatkan rental mobil pilihan? Saatnya Anda mengunjungi lokasi rental mobil untuk melihat situasi dan kondisi mobil-mobil yang di rentalkan. Jika Anda ingin menyewa saat hari itu juga, Anda bisa langsung memilih mobil yang akan Anda sewa. Anda bisa melihat langsung keadaan mobil yang Anda pilih. Namun, jika Anda masih ingin melakukan perjalanan beberapa hari lagi, Anda bisa membooking mobil pilihan Anda supaya tidak di sewakan kepada orang lain. Biasanya pemilik rental akan meminta DP sebagai tanda bahwa Anda sudah memesan mobil tersebut.
  3. Cek Mobil Yang Akan Digunakan
    Pilihlah kendaraan yang memiliki data historis perawatan secara berkala supaya Anda benar-benar mengetahui kondisi mobil. Untuk mengetahui data tersebut Anda bisa menanyakan kepada pihak pengelola rental mobil. Pastikan juga untuk memilih kendaraan dari keluaran tahun terbaru selain kenyamanan yang akan anda dapat juga biasanya kondisi mesin tidak terlalu rusak.
  4. Memilih mobil dengan bijak
    Saat Anda berkunjung ke rental mobil, Anda akan melihat sangat banyak mobil-mobil yang direntalkan. Anda jangan terburu-buru untuk memilih mobil dengan melihat bagusnya, atau besarnya. Ketika Anda memilih mobil, pilihlah dengan bijak. Dengan cara menentukan apa tujuan Anda menyewa mobil, berapa jarak tempuhnya, dan berapa orang yang akan ikut serta dalam perjalanan Anda. Hal ini dilakukan untuk Anda bisa mendapatkan mobil yang sesuai kebutuhan Anda.
  5. Memperhatikan Kondisi mobil
    Ketika Anda sudah menemukan mobil yang Anda butuhkan. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi mobil yang Anda pilih. Seperti memeriksa ruang mesin dengan cara menyalakannya dan mendengar suaranya apakah berjalan dengan normal. Pastikan juga mengecek minyak rem, minyak kopling, air radiator, aki, oli mesin serta air wiper terisi sesuai dengan takarannya. Pastikan perangkat AC mobil berfungsi dengan baik dan juga jangan lupa mengecek semua panel pada dashboard serta tombol-tombol pada kabin berfungsi normal.
  6. Kelengkapan surat-surat
    Setelah semuanya sudah di cek dengan baik, pastikan mobil yang Anda sewa memiliki surat-surat yang lengkap. Hal ini di lakukan untuk menghindari hal yang tidak di inginkan di kemudia hari. Anda pasti tidak ingin kan, ketika Anda sudah membawa pulang mobil tersebut namun terjadi masalah Karena surat-surat mobil tersebut tidak lengkap?
  7. Fasilitas yang diberikan
    Setiap rental mobil memiliki fasilitas-fasilitas yang berbeda untuk menarik perhatian calon pelanggannya. Anda bisa menanyakan hal ini kepada pemilik rental seputar fasilitas apa saja yang diberikan saat Anda melakukan rental itempat tersebut. misalnya Anda mendapat harga yang sangat murah dibanding rental mobil yang lain, atau Anda yang berniat menggunakan jasa supir, maka jasa supir tersebut diberikan gratis. Pilihlah rental mobil yang memberikan fasilitas untuk Anda dan membuat Anda nyaman.
  8. Test drive
    Jangan terburu-buru untuk membawa mobil pilihan Anda, Anda bisa melakukan test drive terlebih dahulu
  9. Melakukan Negosiasi Harga
    Negosiasi harga menjadi hal yang penting ketika Anda melakukan rental mobil. Negosiasi harga dilakukan supaya Anda bisa mendapatkan harga yang murah dari yang sudah ditetapkan oleh pemilik rental. Lebih beruntung lagi jika Anda memilih rental mobil berdasarkan rekomendasi dari rekan Anda dan sudah menjadi pelanggan di rental tersebut. proses negosiasi harga akan lebih mudah.

3 komentar: